Keren! ITB Sulap Kotoran Sapi Jadi Karya Produk Sehari-hari yang Dilirik hingga Mancanegara

- 1 Maret 2023, 08:40 WIB
Produk lampu yang terbuat dari kotoran sapi yang diciptakan tim FSRD ITB.
Produk lampu yang terbuat dari kotoran sapi yang diciptakan tim FSRD ITB. /Dok ITB

PRFMNEWS - Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Adhi Nugraha, MA bersama tim risetnya berhasil mengubah kotoran sapi menjadi material untuk berbagai produk sehari-hari.

Dosen FSRD ITB ini menyatakan upaya mengubah kotoran sapi menjadi karya produk sehari-hari ini didorong oleh keinginannya untuk mengurangi limbah kandang dan pencemarannya.

“Saya tinggal di desa di mana kebanyakan penduduk adalah peternak sapi, dan memang mereka kurang arif dalam mengatasi limbah kotorannya,” kata Adhi Nugraha, dikutip prfmnews.id dari laman resmi ITB, Selasa 28 Februari 2023.

Baca Juga: Harga Pertamax di Jawa Barat Naik, Termasuk di Bandung Per Hari Ini 1 Maret

Sejauh ini, lanjut Adhi, produk dari kotoran sapi seperti lampu meja, speaker, meja dan bangku hasil tim risetnya ini telah dipamerkan di berbagai ajang pameran baik dalam maupun luar negeri.

“Contohnya ICAD 2022 di Jakarta, JIA 2022 di Bali, dan FINE 2022 di Singapura,” ungkapnya.

Adhi mengaku, banyak pengunjung pameran yang tertarik dan menawarkan untuk mempromosikan karyanya di galeri mereka atau ingin membeli karya-karya mereka.

“Kami senang banyak orang yang tertarik pada produk yang kami buat,” tuturnya.

Dia pun menjelaskan bahwa sebuah desain produk karya tersebut tidak bisa lepas dari pertimbangan aspek-aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial-budaya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ITB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x