Muncul Dinasti Politik, KIPP Sebut Feodalisme jadi Penyebab

- 24 Juli 2020, 09:00 WIB
Ilustrasi Pilkada serentak.
Ilustrasi Pilkada serentak. /DOK. PIKIRAN RAKYAT /DOK PIKIRAN RAKYAT

PRFMNEWS – Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta menilai feodalisme yang masih kuat di Indonesia menyebabkan munculnya dinasti politik.

Hal itu, menurut Kaka, terbukti dengan majunya putra Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Calon Surakarta. Selain Jokowi, putri Walkil Presiden Ma’ruf Amin yakni Siti Nur Azizah juga maju sebagai calon Wali Kota Tanggerang Selatan dalam Pilkada 2020.

“Kita memilih demokrasi melalui reformasi tahun 1998 itu karena kita menilai bahwa sistem otoriter itu membuat kita tertekan dan banyak membuat banyak masalah yang berkaitan dengan hak-hak rakyat. Tapi dalam perkembangannya tidak mudah. Salah satu masalah pada sistem demokrasi di kita yang muncul adalah soal feodalisme,” katanya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis (23/7/2020) malam.

Baca Juga: Jabar Waspadai Kasus Impor Covid-19

Dengan situasi demikian, Kaka menyatakan pendidikan politik di Indonesia masih jauh dari kata layak. Menurut dia, perlu pendidikan politik yang dilakukan secara luar biasa di Indonesia agar meruntuhkan sistem feodalisme serta mencegah terjadinya dinasti politik.

“Munculnya dinasti politik tentunya menjadi kekhawatiran nasib demokrasi kita. Kalau feodalisme masih kuat, tidak mudah untuk menjaga kemurnian demokrasi,” tambahnya.



Ramai diberitakan, dinasti politik digadang-dagang bakal terbentuk dalam Pilkada pada tahun 2020 ini. Seperti contoh, putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dipastikan maju menjadi calon Wali Kota Surakarta. Gibran diusung oleh PDIP dan beberapa partai lainnya untuk berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Sementara itu, Gerindra mencalonkan ponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yakni Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan. Rahayu dibakarkan bakal berpasangan dengan Muhamad dan diusung Gerindra-PDIP.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Jumat 24 Juli 2020, Dari Kisah Nyata hingga Suara Hati Istri Tersaji Hari Ini

Lebih lanjut, putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah juga akan maju sebagai calon Wali Kota usai diusung Partai Demokrat. Siti akan didampingi kader PKS, Ruhamaben dalam Pilkada 2020 di Tanggerang Selatan.

Lalu ada pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichan yang diusung Golkar. Pilar Saga Ichan merupakan ponakan dari Bupati Serang, Banteng, Ratu Tatu Chasanah.***

Catatan redaksi: Menurut KBBI, feodalisme merupakan sistem sosial atau politik yang memberikan kekuasaan yang besar kepada golongan bangsawan. Feodalimsen merupakan sistem sosial yang mengagung-agungkan jabatan atau pangkat dan bukan mengagung-agungkan prestasi kerja.

Jika suksesi kepemimpinan keluarga dalam pemerintahan terwujud, maka perilaku atau sikap feodalisme yang mengaggung-agungkan kekuasaan, ingin dihormati akan tumbuh, sehingga mencerminkan sikap feodalisme.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x