Ini Syarat Dan yang Akan Dikerjakan Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 yang Dilakukan di Indonesia

- 23 Juli 2020, 08:58 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19 /.*Dok PRFM

PRFMNEWS - Di kota Bandung akan dilakukan uji klinis tahap 3 vaksin covid-19 dari Sinovac, Tiongkok. Rencananya uji klinis ini akan dilakukan pada awal Agustus mendatang. Uji Klinis ini akan dilakukan oleh Bio Farma yang bekerja sama dengan Unpad.

Manajer Lapangan Uji Vaksin Covid-19 Unpad dr. Eddi Fadlyana, Sp.A(K), M.Kes, mengatakan, akan ada 1.620 relawan yang akan disuntikan vaksin ini. Selain harus warga kota Bandung, ada beberapa syarat untuk menjadi relawan uji klinis vaksin ini.

"Harus sehat, umur 18 sampai 59 tahun, tidak pernah terkena covid-19, di rumahnya juga tidak ada yang covid-19, lalu tidak pernah kontak dengan yang sakit berat terutama yang sakit paru-paru. Jadi sangat ketat kriterianya untuk memastikan jika dia itu betul-betul sehat," jelas Eddi saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis (23/7/2020).

Baca Juga: Shin Tae-yong Akhirnya Tiba di Indonesia dan Siap Melatih Timnas

Selain itu, para calon relawan ini akan melakukan rapid test terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika relawan ini dalam kondisi sehat.

Eddi menyebutkan, selain di fakultas kesehatan Unpad, Jalan Professor Eyckman kota Bandung, uji klinis ini akan dilakukan di Balai Kesehatan Unpad Jalan Dipatiukur Kota Bandung. Selain itu beberapa puskesmas di kota Bandung pun akan menjadi tempat pengujian vaksin ini.

"Ada Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, Puskesmas Sukaparkir, Puskesmas Ciumbuleuit," katanya.

Baca Juga: Pembangunan Serlok Bantaran Dekati Sempurna dan Siap Jadi Lokasi Wisata Alam Baru di Kota Bandung

Nantinya, setelah para dipastikan dalam kondisi sehat, relawan akan diberi penjelasan terkait prosedur penelitiannya dan jika setuju akan diimunisasi dengan vaksin covid-19 tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x