Bantuan dari Pemerintah Indonesia untuk Turki Telah Tiba di Andana

- 22 Februari 2023, 13:00 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan keterangan pers di Bandar Udara Adana Şakirpaşa, Turki, pada Rabu (22/02/2023).
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan keterangan pers di Bandar Udara Adana Şakirpaşa, Turki, pada Rabu (22/02/2023). /BPMI Setpres/

PRFMNEWS - Pemerintah Indonesia secara resmi mengirim bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Turki. Bantuan tersebut akhirnya tiba di Turki pada Rabu, 22 Februari 2023 pukul 00.00 waktu setempat.

Bantuan tiba di di Bandar Udara Adana Şakirpaşa, Turki. Adapun Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang diutus Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk mewakili pemerintah Indonesia.

“Alhamdulillah pada malam hari ini, jam 12 tepat kami dari Indonesia datang, rombongan Indonesia, didampingi oleh Bapak Kepala BNPB saya mewakili pemerintah Indonesia diutus oleh Bapak Presiden Jokowi untuk berkunjung sekaligus membawa bantuan untuk tahap ketiga korban bencana alam di Turki ini,” ujar Menko PMK dalam keterangannya di Andana.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Muhadjir menyampaikan ucapan duka mendalam bagi pemerintah dan rakyat Turki atas gempa dahsyat yang terjadi beberapa waktu lalu tersebut.

Dia menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan terus memberikan dukungan dalam berbagai bentuk, baik personel maupun logistik untuk penanganan gempa di Turki ini.

“Kita juga terus memberikan dukungan, memberikan bantuan, baik yang berupa personel, yang sudah kerja di sini baik itu search and rescue team, tim untuk pencari dan untuk menemukan korban, juga medical team, medical emergency team, tim tenaga medis yang menangani kedaruratan. Juga akan kita kirim berbagai macam bantuan, baik itu bantuan yang berupa logistik maupun peralatan-peralatan yang dibutuhkan oleh para korban,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Kini Miliki TPST Cicukang yang Terapkan RDF, Mampu Tekan 10 Ton Sampah Per Hari

Pemerintah Indonesia dan Turki, lanjut Mihadjir, sedang mendiskusikan langkah-langkah berikutnya setelah masa darurat bencana berakhir. Menurutnya, Indonesia akan turut membantu Turki pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x