Di Tangan Erick Thohir, PSSI akan Hidupkan Kembali BTN untuk Nasib Timnas, Apa Itu?

- 21 Februari 2023, 19:20 WIB
Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir (tengah), Wakil Ketua Umum PSSI terpilih Zainudin Amali (kiri) dan Ratu Tisha (kanan) bertumpu tangan bersama usai menyampaikan pidato dalam Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023.
Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir (tengah), Wakil Ketua Umum PSSI terpilih Zainudin Amali (kiri) dan Ratu Tisha (kanan) bertumpu tangan bersama usai menyampaikan pidato dalam Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023. /Antara/Aprillio Akbar/


PRFMNEWS - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pihaknya akan kembali membentuk Badan Tim Nasional (BTN) yang sudah dibubarkan pada tahun 2015.

Rencana dibentuknya kembali Badan Tim Nasional oleh PSSI, kata Erick Thohir, untuk menyiapkan ‘blue print’ (cetak biru) agenda jangka panjang tim sepak bola Indonesia ke depan.

"Kami memastikan pembentukan BTN karena kami memiliki agenda besar yaitu mau bermain di Piala Dunia," ujar Erick Thohir, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Berkolaborasi dengan Polri, Erick Thohir Tegaskan Akan Tindak Tegas Mafia Bola

Alasan lain yang membuat Erick Thohir ingin membentuk kembali BTN karena Indonesia tidak boleh kalah dari negara-negara lain soal rencana jangka panjang pengembangan sepak bola.

Erick Thohir mencontohkan India menjadi salah satu negara yang mempunyai blue print timnas sepak bolanya dari tahun 2023 hingga 2047.

"Indonesia tidak boleh ketinggalan. Karena itu, BTN nantinya mempunyai blue print jangka panjang persiapan tim nasional Indonesia," ucap mantan Presiden klub Liga Italia Inter Milan itu.

Baca Juga: Langkah Awal Tepati Janji, Erick Thohir Datangi Rumah Wasit Liga 2 yang Jadi Penjual Kembang Tahu

Untuk diketahui, Badan Tim Nasional bukan hal baru bagi PSSI. BTN pertama kali dibentuk pada 2013 saat PSSI dipimpin oleh Ketua Umum Djohar Arifin.

Dalam prosesnya, BTN sempat dipimpin nama-nama seperti Isran Noor dan LaNyalla Mattalitti.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x