Kemenhub Prediksi Lonjakan Jumlah Pemudik Lebaran Ini, Siapkan Tambahan Kereta dan Pesawat

- 19 Februari 2023, 07:40 WIB
ILUSTRASI mudik.*
ILUSTRASI mudik.* /PRFMNEWS

PRFMNEWS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menambah armada angkutan kereta api (KA) dan pesawat untuk melayani angkutan mudik-balik Lebaran Idul Fitri 2023.

Rencana Kemenhub menyiapkan tambahan armada kereta api dan pesawat untuk angkutan mudik-balik Lebaran 2023 mengingat diperkirakan jumlah pemudik tahun ini lebih besar dari tahun lalu.

Baik yang akan mudik-balik Lebaran 2023 menggunakan transportasi darat seperti kereta api dan bus, transportasi laut yakni kapal, dan transportasi udara berupa pesawat terbang.

Baca Juga: Kemenhub Lakukan Sederet Persiapan Seluruh Moda Angkutan Lebaran 2023 Lebih Awal, Termasuk Mudik Gratis

“Kemenhub akan menambah armada pesawat untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang saat arus mudik Lebaran 2023,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati melalui keterangan tertulisnya, Jumat 17 Februari 2023.

"Kami sedang berdiskusi dengan para operator agar peningkatan mobilitas ini bisa tertangkap dari sisi supply," tambahnya.

Dilanjutkan Adita, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PT KAI dan menerima pengajuan rencana penambahan armada kereta api untuk angkutan selama periode mudik-balik Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Diumumkan PUPR, Ini Daftar 11 Jalan Tol Baru Dukung Jalur Mudik Lebaran 2023 di Jawa dan Sumatera

Namun Adita menggarisbawahi bahwa kebutuhan penambahan armada tersebut termasuk untuk kapal laut akan diputuskan setelah melalui kajian dari hasil diskusi dan survei kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x