25 Persen Penduduk Indonesia Ditargetkan Gunakan IKD di Tahun ini

- 13 Februari 2023, 11:00 WIB
Digital ID Disdukcapil Kota Bandung.
Digital ID Disdukcapil Kota Bandung. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Secara bertahap pemerintah mulai memberlakukan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, sebabyak 25 persen penduduk Indonesia ditargetkan mulai menggunakan IKD pada tahun 2023 ini.

"Mari kita bertransformasi ke KTP digital. Target tahun ini 25 persen atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital di hapenya," kata Zudan dikutip dari laman resmi Ditjen Dukcapil Senin, 13 Februari 2023.

Baca Juga: Alasan Pemerintah Mulai Berlakukan Penggunaan Identitas Kependudukan Digital Pengganti KTP-el

Untuk mendaftarkan aplikasi IKD, harus didampingi petugas Dukcapil karena memerlukan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognition.

"Sekali datang pemohon bisa langsung dapat KTP Digital, dokumen kependudukan lainnya seperti KK dan lainnya sudah bisa langsung dipindahkan data digitalnya ke HP pemohon," katanya.

Zudan menjelaskan, pemerintah secara bertahap mulai memberlakukan pembuatan sebagai solusi atas permasalahan pada perekaman dan pencetakan KTP Elektronik (KTP-el).

Baca Juga: Pemprov Jabar Mulai Terapkan Digital ID bagi Seluruh Pegawai, Dokumen Kependudukan Kini Ada di Genggaman

"Mengatasi kendala jaringan, ditambah pengadaan peralatan dan blanko itu mahal sekali. Maka Pak Mendagri Tito Karnavian memberikan arahan agar menggunakan pendekatan asimetris, yakni dengan digitalisasi dokumen kependudukan termasuk penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD)," jelas Zudan.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x