Setelah Bali Mandara, 5 Ruas Tol Ini Akan Uji Coba Transaksi Tol Nirsentuh di Desember 2023

- 8 Februari 2023, 21:45 WIB
Ilustrasi jalan tol.
Ilustrasi jalan tol. // Dok. Jasa marga

PRFMNEWS - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan uji coba transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di enam ruas jalan tol mulai tahun ini.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat BPJT Kementerian PUPR Ali Rachmadi mengatakan uji coba sistem transaksi tol nirsentuh nontunai atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang pertama memang direncanakan di Tol Bali Mandara dengan target pada Juni tahun ini.

"MLFF yang pertama memang kami rencanakan uji coba di ruas Bali Mandara di bulan Juni. Kemudian, mungkin ada perluasan uji coba di lima ruas lagi yang prioritas untuk dilakukan," kata Ali seperti yang dikutip PRFMNEWS dari ANTARA, Rabu, 8 Februari 2023.

Baca Juga: Tenang, Ini Solusi Bayar Tol Teknologi MLFF Jika Saldo Habis dan Koneksi Internet Jelek

Setelah uji coba pertama di Tol Bali-Mandara selesai, maka akan ujicoba akan diteruskan diteruskan di Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

"Rencana perluasan full uji coba lima ruas setelah Bali Mandara di Desember (mendatang)," ujar Ali.

"Kami lihat dulu sistemnya teruji atau belum, kalau memang sudah teruji semua, baru kami rilis untuk ruas selanjutnya," tandasnya.

Kepala BPJT Danang Parikesit sebelumnya mengatakan kelima ruas jalan tol yang akan dilakukan uji coba MLFF tersebut merupakan perwakilan 80 persen dari trafik keseluruhan jalan tol di Indonesia.

Baca Juga: MLFF Permudah Bayar Tol Tanpa Berhenti di GT, Haruskah Memperlambat Kendaraan ?

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x