Pembangunan IKN Sudah Capai 14 Persen, ini Daftar Gedung yang Sedang Dibangun

- 8 Februari 2023, 14:00 WIB
Penampakan terbaru Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.
Penampakan terbaru Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. /Setkab RI

PRFMNEWS - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan infrastruktur dasar pendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada akhir pekan kemarin.

Dalam peninjauannya itu, Basuki menyatakan pembangunan IKN Nusantara kini sudah mencapai 14 persen dengan meliputi 31 paket dikerjakan oleh kontraktor, konsultan manajemen konstruksi dan supervisi.

Adapun pengerjaan yang sudah mulai dilakukan dalam pembangunan IKN Nusantara meliputi pekerjaan land development, hunian pekerja, jalan logistik, jalan tol, embung dan drainase, intake air baku, kantor kementerian koordinator, sumbu kebangsaan, kompleks kantor dan istana negara.

Baca Juga: VIDEO: Progres Terkini Pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan, Begini Penampakannya

Disebutkan Basuki, pembangunan IKN berjalan dengan baik dan sesuai dengan tiga prinsip utama, yakni untuk menjamin kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan.

"Visi Smart Forest City harus menjadi panduan dan orientasi kita bekerja. Hati-hati, harus seminimal mungkin menebang pohon dan mengupas tebing. Justru kita manfaatkan pohon dan tebing yang ada untuk lansekap view kawasan yang bagus," kata Basuki.

Dalam pembangunan IKN ini, Basuki memastikan bahwa pembangunan ini dibarengai dengan pembatasan penebangan pohon eksisting yang betul-betul sesuai dengan rencana manfaat jalan dan tapak bangunan, serta mempertahankan bentang alam yang ada di lapangan (elevasi, kontur, posisi) di bawah pengawasan ketat konsultan manajemen konstruksi dan supervisi pekerjaan.

Baca Juga: Pemerintah Akan Bangun 47 Tower Rumah Susun untuk ASN, Polri, dan TNI di IKN

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x