Waspada Cuaca Ekstrem di Sejumlah Daerah Sepekan ke Depan Dampak Kemunculan 3 Bibit Siklon Tropis

- 5 Februari 2023, 21:20 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem di Indonesia.
Ilustrasi cuaca ekstrem di Indonesia. /Pixabay/PublicDomainPictures

PRFMNEWS – BMKG meminta masyarakat di sejumlah daerah mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi sepekan ke depan akibat kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, dampak kemunculan tiga bibit siklon tropis ini berpotensi meningkatkan curah hujan disertai angin kencang, serta memicu gelombang laut yang tinggi.

"Kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis," kata Kepala BMKG, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Minggu 5 Februari 2023.

Baca Juga: Keyakinan Juara Persib Bandung di Liga 1 Musim Ini, Marc Klok: Insya Allah

Tiga bibit siklon tropis yang berpotensi memicu cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Indonesia ini, kata Dwikorita Karnawati, adalah Bibit Siklon Tropis 94S, Bibit Siklon Tropis 95S, dan Bibit Siklon Tropis 97S.

Dwikorita mengatakan, Bibit Siklon Tropis 94S terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot, dan tekanan udara minimum 1000.2 mb.

"Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori sedang," ucapnya.

Baca Juga: Terjadi Lagi Kasus Anak Meninggal yang Diduga karena Minum Obat Sirup, BPOM Didesak untuk Bertindak

Dampak bibit siklon tropis 94S ini dapat memicu gelombang laut tinggi antara 2,5 – 4,0 meter di Perairan barat Kepulauan Mentawai dan Perairan Pulau Enggano hingga Bengkulu.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x