Ternyata KAI Punya Kereta Berfasilitas Lengkap dan Layak Tapi Tidak Diharapkan Beroperasi

- 5 Februari 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi kereta api.
Ilustrasi kereta api. /Unsplash Haidan/

PRFMNEWS - Siapa sangka, PT KAI (Persero) memiliki rangkaian kereta api (KA) yang sengaja diproduksi dan memiliki berbagai fasilitas lengkap serta layak digunakan namun tidak diharapkan untuk beroperasi.

Berbeda dari kereta lainnya, jika kereta ini dioperasikan melintas di rel, itu artinya ada suatu masalah besar yang terjadi pada perjalanan kereta api lainnya.

Namanya, kereta penolong. Tugas utama kereta ini adalah untuk membantu kereta api lain yang mengalami kecelakaan dalam perjalanan.

Baca Juga: Viral Tren Pengantin Nikah Gratis di KUA, Kemenag Ungkap Cara Daftar dan Syarat Lengkapnya

"Kereta ini sangat enggak diharapkan untuk beroperasi. Karena kalau kereta ini beroperasi, artinya ada keadaan darurat yang mengganggu perjalanan kereta api," ungkap KAI dalam video yang diunggah di Instagram resmi mereka, Sabtu 4 Februari 2023.

Sesuai namanya, kereta penolong berfungsi untuk melakukan evakuasi sarana kereta api seperti kereta, gerbong, dan lokomotif ketika terjadi gangguan dalam perjalanan.

Kereta penolong yang dimiliki KAI saat ini adalah generasi terbaru, diluncurkan pada 15 Maret 2019 dan dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk menunjang proses evakuasi penumpang hingga petugas.

Baca Juga: KAI Bagi-bagi Hadiah Umroh Gratis bagi Penumpang Kereta, Begini Cara dan Syarat Dapatkannya

"Kereta ini terdiri dari dua bagian. Di kereta penolong 1 merupakan kereta yang berisi alat-alat untuk evakuasi sarana KA jika terjadi bencana alam, seperti longsor dan peristiwa luar biasa hebat (PLH) seperti anjlok, terguling, atau kecelakaan KA lainnya," lanjut keterangan di video.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x