Polisi Mulai Selidiki Penipuan dengan Modus Kirim Undangan Via WhatsApp

- 30 Januari 2023, 08:30 WIB
Contoh undangan digital pernikahan di WhatsApp yang jika di-klik, para pelaku pembobol M-Bangking bisa kuras rekening Anda.
Contoh undangan digital pernikahan di WhatsApp yang jika di-klik, para pelaku pembobol M-Bangking bisa kuras rekening Anda. /

PRFMNEWS - Baru-baru ini beredar kabar mengenai modus kejahatan dengan modus penipuan dengan mengirimkan undangan pernikahan.

Undangan pernikahan itu dikirim pelaku dalam bentuk file digital melalui pesan WhatsApp.

Terkait modus penipuan dengan mengirim undangan digital ini, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri akan menyelidiki modus penipuan ini.

Menurut Direktur Tipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol Adi Vivid A Bactiar, modus tersebut terbilang baru dan berbeda dari penipuan modus APK yang baru saja diungkap pihaknya.

Baca Juga: Waspada Modus Baru Kirim Undangan Nikah Elektronik Melalui WhatsApp, Beresiko Curi Data Korban

“Terkait modus baru dengan menggunakan undangan pernikahan, tim kami masih melakukan penyelidikan,” kata Vivid dikutip dari ANTARA.

Sebelumnya, Dittipidsiber Bareskrim Polri berhasil mengungkap kejahatan penipuan dan ilegal akses melalui Android Package Kit (APK) dan link phishing.

Modus yang digunakan pelaku adalah mengirim pesan berisi resi pengiriman paket yang fokus menyasar nasabah bank tertentu.

“Modus penipuan undangan nikah ini berbeda dari yang kami ungkap sebelumnya dimana jaringan kemarin fokus kepada nasabah bank Tertentu dengan menyasar fasilitas online bank,” katanya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x