SPS Susun Strategi untuk Pers Memaksimalkan Pendapatan Produk Digital

- 8 Desember 2022, 21:45 WIB
Ketua Harian SPS Pusat, Januar P. Ruswita
Ketua Harian SPS Pusat, Januar P. Ruswita /

PRFMNEWS - Hampir semua media konvensional memanfaatkan medium digital, namun tidak semua produk digital berhasil dimonetisasi secara layak.

Dalam upaya menemukan formula tentang permasalahan tersebut, Serikat Perusahaan Pers (SPS) mengadakan Workshop Series #31: Memaksimalkan Produk Digital untuk Keberlanjutan Media, 6 Desember 2022, di Bandung, Jawa Barat.

Sebagai organisasi perusahaan pers yang menaungi lk. 600 media arus utama di seluruh Indonesia, SPS meyakini konvergensi media/pers ke arah digital adalah keniscayaan.

Baca Juga: Ditetapkan Ridwan Kamil, Ini Wilayah Jabar dengan UMK 2023 Tertinggi dan Terendah Setelah Alami Kenaikan

Berbagai cara sudah dilakukan perusahaan-perusahaan pers, seperti membuat website/portal news, masuk ke ranah media sosial, dan lain-lain produk jurnalistik medium digital. Hampir seluruh perusahaan pers cetak, minimal memiliki portal news sebagai upaya pengembangan bisnis dan adaptasi era digital.

Hanya saja, pada praktik menuju konvergensi digital, media masih kesulitan menemukan keseimbangan dan kestabilan bisnis.

Target pembaca produk konvensional semakin mengecil, semakin segmented.

Sementara pemasukan iklan digital masih belum bisa menggantikan iklan konvensional/print. Yang lebih banyak menikmati kue iklan digital, justru bukan media sebagai pemilik produk.

Baca Juga: Tiga Kampung di Kertasari Terdampak Banjir, Tidak Ada Korban Jiwa

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x