BNPB Pastikan Letusan Gunung Semeru Tidak Sebabkan Tsunami

- 5 Desember 2022, 19:40 WIB
Gunung Semeru mengeluarkan material vulkanis yang terlihat dari desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022).  Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat gunung Semeru terus mengeluarkan material vulkanik yaitu pada periode pukul 24.00-0600 WIB mengalami 29 kali gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo 11-22mm selama 65-120 detik, sekali gempa Awan Panas Guguran (APG) dengan amplitudo 25 mm selama 386 detik. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym.
Gunung Semeru mengeluarkan material vulkanis yang terlihat dari desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat gunung Semeru terus mengeluarkan material vulkanik yaitu pada periode pukul 24.00-0600 WIB mengalami 29 kali gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo 11-22mm selama 65-120 detik, sekali gempa Awan Panas Guguran (APG) dengan amplitudo 25 mm selama 386 detik. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym. /ARI BOWO SUCIPTO


PRFMNEWS - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa letusan Gunung Semeru tidak menyebabkan tsunami. 

Pernyataan tersebut dibagikan BMKG untuk menampik berita bohong yang beredar dan mengatakan bahwa Gunung Semeru dapat membangkitkan tsunami sampai ke negara Jepang pada Minggu, 4 Desember 2022.

Berita tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan, karena Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut.

Baca Juga: Badan Geologi Sebut Aktivitas Erupsi Vulkanik Gunung Semeru Sudah Mereda

"Sehingga potensi letusan / pyroclastic / partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami," tulis keterangan BNPB pada Senin, 5 Desember 2022.

BNPB pun menambahkan, Gunung Semeru berada di Selatan Jawa, jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkin tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia. 

"Berdasarkan analisa, maka kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke negara Jepang, dapat dipastikan tidak tepat," kata BNPB. 

Baca Juga: Pesantren di Zona Merah Semeru Menolak Dievakuasi, Pengasuh: Ini Urusan Saya

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, 1.979 Jiwa Mengungsi Akibat Awan Panas Guguran

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x