Wishnutama Sebut Bioskop Siap Terapkan Protokol Kesehatan

- 11 Juli 2020, 20:06 WIB
INTERIOR di salah satu jaringan bioskop CGV Indonesia.*
INTERIOR di salah satu jaringan bioskop CGV Indonesia.* /ANTARA/

PRFMNEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio memastikan bioskop menerapkan dengan baik protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Wishnutama mengatakan pihaknya telah merilis panduan pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) untuk sektor hotel, restoran, dan bioskop bersamaan dengan peluncuran kampanye nasional "Indonesia Care".

“Jangan tiba-tiba dibuka tapi sosialisasi belum terlaksana dengan baik, karena apapun juga, risiko dari COVID-19 ini harus dihindari dan saya tak lelah menyampaikan agar sektor-sektor yang berada di bawah pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat menjalankan protokol dengan baik, benar, dan penuh kedisiplinan," ujar Wishnutama usai melakukan peninjauan kesiapan penerapan protokol normal baru ke salah satu eksibitor, Cinema XXI, di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: KSAD: Kluster Secapa AD di Kota Bandung Bermula dari Ketidaksengajaan

Dikutip PRFMNews.id dari ANTARA, Wishnutama melihat langsung standar baru yang telah dipersiapkan pengelola bioskop. Diantaranya mulai dari pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, proses antre tiket, pembelian makanan yang bisa dilakukan dengan memesan dengan aplikasi, studio sebagai lokasi eksibisi film, serta papan informasi.

Menurutnya semua proses tersebut telah dipersiapkan dengan pelaksanaan 'physical distancing' yang baik, termasuk ketersediaan 'hand sanitizer' di setiap sudut serta kesiapan para staf lengkap dengan alat pelindung diri yang dibutuhkan. Mulai dari sarung tangan, masker, serta 'face shield'.

Baca Juga: Viral Oknum Pengendara Motor Berhentikan Ambulance yang Bawa Pasien di Depok

”Tidak hanya di bioskop, sebelumnya kami juga sudah melihat langsung simulasi penerapan protokol di berbagai sub sektor lainnya seperti hotel, restoran, dan juga destinasi wisata," sambung dia.

Simulasi ini kata Wishnutama, penting untuk dilakukan agar semua pihak, baik pelaku usaha maupun masyarakat paham akan prosedur-prosedur yang harus dijalankan, sehingga saat sudah ada keputusan untuk membuka kembali bioskop, kegiatan dapat berlangsung dengan baik namun tetap aman dari COVID-19.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x