Tito 'Tantang' Seluruh Kepala Daerah Lakukan Gerakan Bagi Masker Secara Masif

- 8 Juli 2020, 20:44 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mennghadiri pemecahan reko MURI yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (8/7/2020).**
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mennghadiri pemecahan reko MURI yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (8/7/2020).** /Dok Puspen Kemendagri.


PRFMNEWS - Gerakan satu juta masker yang diinisiasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pecahkan rekor  Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Gerakan ini pun bikin salut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Tito bahkan 'menantang' daerah lain untuk mengikuti jejak Kabupaten Gowa, buat gerakan satu juta masker yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di masa pandemi virus corona (Covid-19). 

"Jika ada daerah lain yang bisa pecahkan rekor MURI seperti di Gowa, saya berjanji akan hadir langsung ke daerah tersebut," kata Tito saat hadir di acara launching Gerakan Sejuta Masker yang digelar di Gedung Haji Bate di Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Persiapan Sekolah Tatap Muka di Kota Sukabumi, Durasi Belajar Hanya 4 Jam

Menurut Tinto, dirinya menyempatkan datang ke Gowa di sela-sela kunjungan kerjanya untuk menemui Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan untuk membahas penanganan dan penanggulanan Covid-19 di wilayah Sulawesi Selatan.

Gerakan bagi-bagi satu juta masker ini, lanjut Tito, menjadi salah satu ikhtiar bersama untuk menekan penyebaran Covid. Ia pun berharap, masyarakat bisa lebih disiplin dalam penggunaan masker.

"Kalau seandainya masyarakat memakainya berdasarkan banyak penelitian, itu kurvanya akan menurun, karena media atau cara untuk transmisi penularan itu menjadi terblok oleh adanya masker, baik itu percikan, maupun melalui objek, maupun juga melalui aerosol. Ada masker menjadi pengingat kita, dan masker ini perlu disosialisasikan agar menjadi bagian dari kita, seperti kita menggunakan pakaian, kira-kira begitu," katanya.

Menurut Tito, penularan Covid-19 bisa sangat ditekan apabila seluruh pemerintah daerah di Indonesia melakukan gerakan bagi-bagi masker secara masif.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Puspen Kemendagri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x