Menteri PUPR Sebut Pembangunan Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur akan Terapkan Teknologi RISHA, Apa itu?

- 25 November 2022, 16:07 WIB
Menteri PUPR tinjau gempa Cianjur
Menteri PUPR tinjau gempa Cianjur /Antara/

PRFMNEWS - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut rumah rusak akibat terguncang gempa bumi di Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022 lalu akan kembali dibangun dengan teknologi RISHA.

Menteri PUPR menyatakan rencana pembangunan kembali rumah rusak di Kabupaten Cianjur menggunakan teknologi RISHA yang diklaim tahan guncangan gempa bumi ini akan diprioritaskan bagi bangunan rumah yang rusak berat, runtuh, atau terpaksa harus direlokasi.

Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan rumah-rumah rusak parah akibat gempa Cianjur yang tahan gempa dengan teknologi RISHA ini sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Terlibat Kecelakaan di Tol Cipali, Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar Meninggal Dunia

"Kalau dibangun baru harus dengan standar tahan gempa dari Kementerian PUPR. Itu perintah presiden," kata Menteri Basuki, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Teknologi RISHA adalah perwujudan sebuah rumah dengan desain modular, yaitu konsep yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul) dengan ukuran yang efisien agar dapat dirakit menjadi sejumlah besar produk yang berbeda-beda.

Desain bangunan rumah dengan sistem modular ini dapat diubah-ubah atau dikembangkan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari penghuninya.

Baca Juga: Raja Charles III Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Gempa Cianjur

Selain itu Basuki menuturkan kelebihan pembangunan rumah dengan teknologi RISHA selain lebih tahan guncangan gempa juga membutuhkan waktu yang sangat cepat, sehingga penghuninya dapat segera kembali menempati.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x