Presiden Jokowi Ungkap Besaran Dana Bantuan Pembangunan Rumah Rusak Terdampak Gempa Cianjur

- 22 November 2022, 16:00 WIB
Presiden RI, Joko Widodo saat meninjau lokasi bencana gempa bumi di Cianjur.
Presiden RI, Joko Widodo saat meninjau lokasi bencana gempa bumi di Cianjur. /BPMI


PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan memberikan bantuan untuk pembangunan rumah warga yang rusak akibat terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Presiden Jokowi merinci besaran dana bantuan yang disiapkan pemerintah untuk memaksimalkan pembangunan rumah rusak saat meninjau langsung ke lokasi terdampak gempa Cianjur, Selasa 22 November 2022.

Presiden Jokowi menegaskan, rumah rusak terdampak gempa Cianjur ini nantinya akan dibangun pemerintah memakai standar-standar bangunan yang tahan gempa.

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Jokowi Tak Naik Helikopter Menuju Lokasi Terdampak Gempa Cianjur Hari ini

Presiden menyatakan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi, baik rusak ringan, sedang, hingga berat.

“Bantuan tersebut terdiri atas Rp50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan,” katanya.

Baca Juga: Hadiri Pemakaman Anak Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Anak Solehah, Insyaallah Husnul Khotimah

Baca Juga: Jalan Cipanas Akses Jalur Puncak – Cianjur Sudah Bisa Dilalui Secara Darurat, Kendaraan Umum Masih Dialihkan

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan alasan rumah-rumah rusak terdampak gempa ini wajib dibangun memakai standar bangunan anti gempa karena kawasan Kabupaten Cianjur rentan diguncang gempa secara periodik.

“Pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR. Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah yang anti gempa,” jelasnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x