Semar Proto, Mobil Listrik yang Diklaim Paling Irit se-Asia Karya Mahasiswa UGM

- 19 November 2022, 16:45 WIB
 Semar Proto mobil listrik karya anak UGM.
Semar Proto mobil listrik karya anak UGM. /UGM

PRFMNEWS - Semar Proto mobil listrik karya anak UGM ini berhasil memecahkan rekor dalam hal konsumsi energi paling irit se-Asia di kompetisi tahunan Shell Eco-Marathon 2022.

Capaian tim Semar Proto dalam memecahkan rekor itu, diklaim berhasil mengalahkan mobil listrik dari China.

Ketua Umum tim Semar UGM, Abdul Adzim Iftikar Mardiansjah, mengatakan kompetisi yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB pada 11-15 Oktober 2022 tim Semar Proto sukses meraih juara 1 di kategori Prototype Kelas Battery-Electric dengan rekor jarak tempuh 587 km/kWh.

Baca Juga: Jajap ku Jeep, Atraksi Wisata Adventure Baru di Garut Nikmati Keindahan Gunung Guntur dan Sejumlah Curug

"Mobil Semar Proto memiliki koefisien drag 0.11, sementara untuk body mobil memanfaatkan bahan carbon fiber untuk menyiasati bobot kendaraan sehingga berat totalnya 27 Kg," ujar Abdul Adzim dikutip prfmnews.id dari keterangan resmi UGM pada Sabtu, 19 November 2022.

"Ini menjadi berat teringan dari mobil yang pernah kita kembangkan," lanjutnya.

Adzim menyebutkan, sebagai penggerak mobil Semar Proto ini menggunakan motor listrik DC berdaya 250 Watt dan tegangan 48 Volt.

Baca Juga: Hari Ini Jalanan Menuju Jatinangor National Flower Park Macet Parah

Meski demikian, saat berkompetisi di lintasan Mandalika, Semar Proto ini sempat mengalami kendala. Pasalnya saat uji coba di sirkuit, ada beberapa komponen mobil yang memiliki daya tahan rendah terhadap suhu panas.

"Ada part yang meleleh dalam pengiriman. Akibat part yang meleleh kami belum bisa berhasil pada hari pertama inspeksi dan harus memutar otak untuk bisa memperbaiki part tersebut," tuturnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x