LIPI Ragu Kalung Eucalyptus Buatan Kementan Bisa Bunuh Virus Corona

- 5 Juli 2020, 08:43 WIB
PRODUK kalung anti virus corona yang baru diluncurkan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI). /Dokumentasi Badan Litbang Pertanian Kementan//via Warta Ekonomi

PRFMNEWS - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian akan memproduksi kalung 'antivirus' corona atau Covid-19. Rencananya kalung tersebut akan diproduksi massal Agustus 2020.

Kementan mengklaim kalung buatan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) ini mampu mematikan Covid-19.

Koordinator Kelompok Penelitian Pengembang Obat Pusat Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Masteria Yunovilsa Putra meminta pemerintah membuka hasil ujicoba khasiat kalung tersebut.

Baca Juga: Bikin Geleng-Geleng, Akibat Diduduki Warga Dock Shelter Boseh di Alun-Alun Patah

"Kalau memang sudah diujicoba bisa dipublikasikan datanya. Virus corona apa yang yang sudah diuji, SARS Cov-2 atau virus corona lainnya," katanya saat on air di Radio PRFM, Minggu (5/7/2020).

Yunovilsa mengaku belum bisa memastikan apakah kalung tersebut benar bisa membunuh virus Covid-19 atau tidak. Pasalnya sejauh ini LIPI belum menemukan literatur soal pohon kayu putih (eucalyptus) yang bisa menangkal virus.

"Saya belum bisa mengatakan iya atau tidak, belum ada literaturnya," tambah dia.

Baca Juga: Hasil Swab Test Keluar Dalam Waktu Dekat, Persib Bandung Siap Berlatih Kembali

Lebih lanjut dia pun meminta kepada pemerintah transparan mengenai material dan dosis dari kalung itu sehingga masyakat yang memakai akan mengetahui kandungannya.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X