Merdeka Belajar Nadiem Makarim Tak Akan Tercapai Kalau Tak Ada Perbaikan Pembelajaran Jarak Jauh

- 4 Juli 2020, 09:19 WIB
ILUSTRASI masa belajar di rumah bagi pelajar. /HANDRI HANDRIANSYAH/"PR"/HANDRI HANDRIANSYAH/PR

PRFMNEWS - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, mengatakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan selama masa pandemi ini masih akan terus dilanjutkan. Nantinya kegiatan PJJ ini akan dikombinasikan dengan kegiatan belajar mengajar konvensional.

Pengamat pendidikan Dan Satriana, menilai rencana Mendikbud untuk melanjutkan kegiatan PJJ masih memerlukan evaluasi lebih lanjut. Apabila tetap seperti sekarang, Dan khawatir cita-cita program Merdeka Belajar yang diusung mantan bos Gojek itu tidak akan tercapai.

Baca juga: Pengamat Sebut Pendidikan Jarak Jauh Tidak Memenuhi Struktur Kurikulum

"Jangan sampai hanya memindahkan proses di kelas menjadi PJJ. Terbukti itu dikeluhkan karena menjadi beban tambahan bagi siswa dan orang tua. Sehingga cita-cita beliau (Mendikbud-red) yang merdeka belajar itu tidak akan tercapai kalau tidak ada perbaikan terhadap PJJ itu sendiri," ujar Dan saat on air di Radio PRFM, Jumat (3/7/2020).

Menurut Dan, salah satu yang harus dievaluasi oleh pemerintah adalah soal sarana internet yang belum merata. Selain itu, tingkat penguasaan dan kepemilikan fasilitas internet juga menjadi salah satu masalah penyelenggaraan PJJ sejauh ini.

"Pemerintah harus mengevaluasi dulu proses PJJ yang sudah berjalan beberapa bulan ini. Kita tahu ada beberapa catatan, misalnya soal sarana internet dan penguasaan serta kepemilikan kuota internet baik oleh peserta didik maupun guru," jelasnya.

Baca juga: Sebelum Dipermanenkan, FSGI Minta Pemerintah Evaluasi Pendidikan Jarak Jauh

Dan juga menyoroti metodologi dan materi pembelajaran yang diberlakukan sejauh ini. Menurutnya, PJJ tidak bisa menerapkan metodologi dan menggunakan materi pembelajaran yang sama dengan proses belajar mengajar konvensional.

"Metodolgi dan materi pembelajarannya pun harus berbeda. Kelihatannya dalam beberapa bulan PSBB kemarin PJJ belum menyentuh perbaikan dua hal ini," ungkap Dan.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X