Begini Tingkah Lucu Badak Jawa Saat Manjakan Diri di Kubangan Air

- 30 Juni 2020, 09:12 WIB
Tangkapan Layar Twitter @SitiNurbayaLHK.**

PRFMNEWS - Seekor badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) terekam sedang 'memanjakan diri' pada sebuah kubangan air terjun di Blok Cigenteur, Taman Nasional Ujung Kulon.

Dikutip prfmnews.id dari twitter Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya @SitiNurbayaLHK, dia membagikan sebuah rekaman video yang berisi seekor badak Jawa yang sedang memanjakan diri pada sebuah kubangan air. Dalam video tersebut tertera jika kejadian itu terjadi pada 5 Juni 2020 silam sekira pukul 15.48 WIB.

Siti menyebutkan, Badak ini diperkirakan berjenis kelamin jantan dengan perkiraan usia kurang lebih 7 tahun.

Baca Juga: Mulai 1 Juli, Warga Jabar yang Berlibur ke Pangandaran Tak Perlu Lagi Sertakan Hasil Rapid Test

Dijelaskan Siti, badak Jawa tersebut sengaja berguling-guling di kubangan air untuk menjaga suhu dan kelembaban tubuh. Selain itu hal tersebut dilakukan juga untuk pemenuhan mineral, mengurangi parasit, dan juga cara dia beristirahat.

"Aktivitas ini dilakukan badak untuk menjaga suhu dan kelembaban tubuh, pemenuhan mineral, mengurangi parasite dan untuk beristirahat.
Biasanya dilakukan setidaknya 2 kali dalam sehari dengan durasi terlama sampai dengan 3 jam," cuit Siti, Senin (29/6/2020).

Baca Juga: ASN Pemprov Jabar Serahkan Bantuan Sebesar Rp11 Miliar untuk Penanggulangan Covid-19 di Jabar

Siti merinci, populasi badak jawa di Indonesia sampai 2019 sebanyak 72 ekor di mana 39 di antaranya berjenis kelamin jantan, dan 33 sisanya adalah betina.

Badak Jawa merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Salah satu caranya adalah dengan memberikan perlindungan dan pengamanan di Taman Nasional Ujung Kulon.

Halaman:

Editor: Rifki

Sumber: Twitter @SitiNurbayaLHK


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X