Airlangga Hartarto dan 6 Pejabat Pemerintah RI Jadi Sasaran Spyware Asal Israel

- 30 September 2022, 15:30 WIB
Menko Airlangga Hartarto jadi sasar Spyware dari Israel.
Menko Airlangga Hartarto jadi sasar Spyware dari Israel. /Ekon.go.id/

PRFMNEWS - Lebih dari selusin pejabat senior pemerintah dan militer Indonesia tahun lalu menjadi sasaran spyware yang dirancang oleh pengawas Israel.

Mereka yang menjadi target antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Pejabat militer senior, dua diplomat regional, dan para penasehat bidang pertahanan dan luar negeri Indonesia, demikian yang dilansir PRFMNEWS dari Reuters.

Enam pejabat dan penasihat Indonesia yang menjadi target mengatakan bahwa mereka menerima pesan email dari Apple Inc pada November 2021 yang memberi tahu mereka bahwa Apple yakin para pejabat sedang "ditargetkan oleh penyerang yang disponsori negara" seperti yang dikutip dari Al Jazeera.

Baca Juga: 10 Negara Terkotor di Dunia, Nomor 7 Negara Terkaya di Dunia

Apple belum mengungkapkan identitas atau jumlah pengguna yang ditargetkan. Perusahaan tersebut menolak berkomentar untuk cerita ini.

Apple dan peneliti keamanan mengatakan penerima peringatan ditargetkan menggunakan ForcedEntry, perangkat lunak canggih yang telah digunakan oleh vendor pengawasan siber Israel NSO Group untuk membantu agen mata-mata asing dari jarak jauh dan tanpa terlihat mengendalikan iPhone.

Perusahaan cyber Israel lainnya, QuaDream, telah mengembangkan alat peretasan yang hampir identik, lapor Reuters.

Baca Juga: Hore! Jumlah Pinjol Ilegal Terus Menurun, OJK dan SWI Himbau Masyarakat Lapor Jika Temukan Hal Berikut

Perusahaan tersebut biasa membantu agen mata-mata asing untuk secara remot mengambil alih kontrol iPhone tanpa terdeteksi. Perusahaan siber Israel lainnya, QuaDream, telah mengembangkan software serupa.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x