Program Matching Fund Kedaireka UPI Dorong Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri

- 29 September 2022, 15:23 WIB
Program Matching Fund Kedaireka UPI Mendorong Ekosistem Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Serta Berperan Bagi Bangsa Indonesia.
Program Matching Fund Kedaireka UPI Mendorong Ekosistem Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Serta Berperan Bagi Bangsa Indonesia. /Dok UPI

PRFMNEWS - Program Matching fund Kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia (RI) berhasil mendorong inovasi dan perubahan dilingkungan UPI yang adaptif dan responsive dalam rangka percepatan, peningkatan dan penguatan daya saing SDM, tata kelola kelembagaan serta berdampak nyata terhadap lingkungan masyarakat.

Program Matching fund Kedaireka mendorong terbentuknya ekosistem kolaborasi yang lebih erat dan terakselerasi antara perguruan tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan media untuk mengembangkan konektivitas pengembangan ilmu dan teknologi.

Selanjutnya tujuan Matching fund Kedaireka ini untuk membuka wadah kolaborasi agar proses invensi, inovasi, dapat bergerak lebih cepat ke sebuah produk yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Sale Pisang Garut Berhasil Tembus Pasar Ekspor, Sudah Mulai Dikirim ke Malaysia

Program Matching Fund Kedaireka UPI Mendorong Ekosistem Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Serta Berperan Bagi Bangsa Indonesia.
Program Matching Fund Kedaireka UPI Mendorong Ekosistem Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Serta Berperan Bagi Bangsa Indonesia. Dok UPI.

Selain itu, Matching fund Kedaireka diprioritaskan untuk kemitraan yang diharapkan memiliki dampak terhadap 8 IKU pada kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pada Tahun 2021, Universitas Pendidikan Indonesia berhasil lolos seleksi dan mendapatkan pendanaan program Program Matching fund Kedaireka dengan capaian 4 proposal dari 6 proposal yang diusulkan dengan dana keseluruhan sebesar Rp8.419.161.000.

Tahun 2022, proposal yang diajukan sebanyak 45 pengusul proposal dan yang lolos didanai program Matching Fund Tahun 2022 sebanyak 7 pengusul proposal, dengan nilai total dana yang didapat sebesar Rp2.163.547.616,00.

Direktorat Inovasi dan Pusat Unggulan Universitas (DIPUU) yang merupakan unit yang mengelola hilirisasi inovasi, melakukan kebijakan dengan melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka meningkatkan jumlah pengusul proposal program Matching Fund dari UPI, yaitu I) Sosialisasi program Matching fund Kedaireka Kemendikbudristek ke seluruh dosen di lingkungan UPI, 2) Melakukan pendampingan dalam pembuatan proposal, RAB, upload proposal ke kedaireka dan pengadministrasian 3) Melakukan pendampingan dalam proses verifikasi dan pembahasan RAB, 4) Melakukan pendampingan pelaksanaan program Matching Fund untuk pemenang program Matching Fund, 5) Melakukan pendampingan dalam pemanfaatan lebih luas hasil program Matching Fund ke Pemerintah Daerah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x