Mahfud MD Sebut Sosok Bjorka Sudah Teridentifikasi: Dia Tidak Punya Keahlian Sungguh-sungguh

- 14 September 2022, 15:30 WIB
Pemerintah akui sudah kantongi identitas Bjorka
Pemerintah akui sudah kantongi identitas Bjorka /Kolase foto Twitter @bjorkanism dan Reuters/Kacper Pempel


PRFMNEWS – Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bahwa sosok hacker atau peretas Bjorka sudah berhasil teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kepolisian RI (Polri).

Mahfud MD mengatakan, sosok hacker Bjorka yang belakangan viral di Twitter karena meretas data-data negara ini teridentifikasi berkat penyelidikan BIN dan Polri menggunakan alat pelacak khusus.

"Sampai sekarang ini, memang gambaran-gambaran pelakunya (hacker Bjorka) sudah teridentifikasi dengan baik oleh Badan Intelijen Negara dan Polri,” kata Mahfud MD, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Baca Juga: Mahfud MD Benarkan Ada Kebocoran Data Negara Akibat Hacker: Bukan Data Berbahaya

Meski demikian, Mahfud MD menambahkan bahwa identitas detil siapa Bjorka masih belum dapat diumumkan ke publik.

“Tetapi belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu. Kami sudah punya alat untuk melacak itu semua," ucapnya.

Selain itu, Mahfud menjelaskan, berdasarkan koordinasi yang dilakukan bersama dengan Menkominfo Jhonny G. Plate, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala BSSN Hinsa Siburian, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dapat disimpulkan bahwa data-data yang diretas dan dibocorkan Bjorka ke dunia maya ialah bersifat umum.

Baca Juga: Kepala BSSN Anggap Serangan Hacker Bjorka Masih Rendah: Masyarakat Tenang Saja

Ia pun menyebut terkait dugaan motif peretasan yang dilakukan Bjorka tidak membahayakan. Bahkan Mahfud menyimpulkan, Bjorka tidak memiliki keahlian ataupun kemampuan membobol data negara yang sungguh-sungguh.

"Hasil dari kesimpulan kami, apa yang dilakukan Bjorka ini sebenarnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sungguh-sungguh. Dia hanya hendak memberitahu kepada kita kalau kita harus hati-hati, (data) kita akan bisa dibobol, dan sebagainya," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x