Kemendikbud Hapus Tes Mata Pelajaran dalam Seleksi Masuk PTN, Diganti Tes Skolastik

- 7 September 2022, 18:45 WIB
Kemendikbud hapus tes mata pelajaran dari seleksi masuk PTN
Kemendikbud hapus tes mata pelajaran dari seleksi masuk PTN /Kemendikbud


PRFMNEWS - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengubah seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang mengedepankan 5 prinsip transformasi.

Perubahan seleksi masuk perguruan tinggi negeri ini diterapkan usai Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim meluncurkan sistem seleksi bernama Merdeka Belajar (MB) episode ke-22.

Menteri Nadiem Makarim mengatakan, transformasi seleksi masuk PTN ini sejalan dengan misi besar Merdeka Belajar, yaitu menghadirkan sistem pendidikan memprioritaskan kebutuhan peserta didik dan menjunjung tinggi asas keadilan.

Baca Juga: Benarkah Kemendikbud Memberikan Bantuan Subsidi Pulsa Rp250 Ribu dan Kuota 75 GB untuk Pelajar dan Pengajar?

Nadiem menjelaskan, perubahan seleksi masuk PTN melalui sistem Merdeka Belajar episode ke-22 ini dilakukan mengedepankan lima prinsip transformasi.

Yaitu mendorong pembelajaran yang menyeluruh, lebih berfokus pada kemampuan penalaran, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik.

“Lebih transparan, serta lebih terintegrasi dengan mencakup bukan hanya program sarjana, tetapi juga diploma tiga dan diploma empat/sarjana terapan,” ujar Nadiem saat peluncuran MB episode ke-22, Rabu 7 September 2022 secara virtual.

Baca Juga: Nadiem Makarim Puji Salah Satu Sekolah di Kota Bandung, Banyak Murid Mahir Bahasa Inggris

Mendikbud Ristek lanjut merinci, ada tiga perubahan seleksi masuk PTN yang berlandaskan lima prinsip transformasi tersebut.

“Pertama, seleksi nasional berdasarkan prestasi, kemudian seleksi nasional berdasarkan tes, dan yang ketiga adalah seleksi secara mandiri oleh PTN,” ucap Nadiem.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x