BI Luncurkan 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru Tahun Emisi 2022

- 18 Agustus 2022, 11:20 WIB
Uang rupiah kertas tahun emisi 2022.
Uang rupiah kertas tahun emisi 2022. /Bank Indonesia

PRFMNEWS - Bank Indonesia meluncurkan 7 uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022 pada hari ini Kamis, 18 Agustus 2022 di Jakarta.

Ketujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 tersebut telah diluncurkan dan resmi berlaku pada pagi ini pukul 07.45 WIB yang bertepatan dengan HUT ke-77 RI.

Acara peluncuran tersebut turut dihadiri Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Baca Juga: BI Luncurkan Uang Baru Tahun Emisi 2022, Pastikan Uang Rupiah Kertas yang Lama Tetap Berlaku

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani menyampaikan, bahwa rupiah bukan sekedar mata uang, tapi merupakan perjalanan sebuah bangsa.

"Rupiah adalah tidak sekedar mata uang, tapi ini mata uang yang menggambarkan perjalanan sebuah bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia," ucap Sri Mulyani dalam sambutannya.

Sri Mulyani menambahkan, Uang Republik Indonesia pertama kali disahkan dan berlaku pada 30 Oktober 1946. Saat itu, pengesahan Uang RI dilakukan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta dan menandakan babak baru bagi Indonesia.

Baca Juga: BI Resmi Luncurkan Uang Baru Tahun Emisi 2022, Tampilkan 8 Sosok Pahlawan

Selain itu, Bank Indonesia melakukan peluncuran uang rupiah kertas tahun emisi 2022 ini sebagai wujud eksistensi pada dunia dengan kertas yang tersemat sebuah identitas dari keragaman budaya dan kekayaan bangsa yang menyatu dalam simbol kedaulatan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x