Google Doodle yang Menghiasi Hari Kemerdekaan RI ke-77 adalah Karya Seniman Asal Bandung

- 17 Agustus 2022, 14:00 WIB
Tampilan Google Doodle Hari Ini Bertema Kemerdekaan RI ke-77
Tampilan Google Doodle Hari Ini Bertema Kemerdekaan RI ke-77 /Tangkapan layar google doodle


PRFMNEWS - Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Bukan hanya rakyat Indonesia saja yang merayakan hari istimewa ini. Google pun ikut menyemarakkan HUT kemerdekaan Indonesia melalui tampilan Doodle.

Doodle adalah perubahan logo Google untuk merayakan liburan dan peristiwa penting. Tak hanya itu, Doodle juga memperingati kehidupan para seniman, pelopor, dan ilmuwan terkenal.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton pada HUT ke-77 RI

Ide munculnya Doodle digagas oleh pendiri Google di tahun 1998, yang masih berupa konsep dan orat-oret. Dua tahun berikutnya, Doodle pun muncul di beranda Google, dan disukai oleh para pengguna mesin pencari terbesar ini.

Pada hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, Google Doodle mengangkat tema tentang balap perahu atau pacu perahu. Dilukiskan ada lima orang dengan pakaian tradisional sedang berada di atas perahu. Keceriaan dilukiskan dengan sapuan warna-warni yang cerah, dan senyuman di wajah orang-orang itu.

Google memberikan keterangan bahwa gambar tersebut berjudul Balap Perahu (Pacu Perahu). Gambar ilustrasi ini dibuat oleh seniman asal Bandung, Wastana Haikal. Balap perahu (pacu perahu) seperti yang ditampilkan dalam karya seni hari ini adalah salah satu tradisi paling populer di Hari Kemerdekaan.

Baca Juga: 40 Twibbon Peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022, Ada Bingkai Sekaligus Ucapan HUT RI

Festival Pacu Jalur menjadi tuan rumah balapan terbesar di negara ini. Setelah pertunjukan lagu dan tarian, lebih dari seratus perahu berdekorasi semarak mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan.

Oleh karena itu tema doodle Kemerdekaan RI ini dengan ilustrasi perahu dan lima orang dengan kostum pakaian adat Indonesia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x