Dunia Sedang Terpuruk, Jokowi: Tahun Ini Kita Sulit, Tahun Depan Gelap

- 6 Agustus 2022, 10:00 WIB
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. /BPMI Setpres/


PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo menyebut dunia saat ini dalam posisi yang tidak mudah dengan keadaan yang sangat sulit dalam hal ekonomi.

Hal tersebut ia sampaikan setelah mendengar penjelasan dari petinggi PBB, petinggi lembaga internasional dan Kepala Negara G7 belum lama ini.

"Saya tanyakan dunia ini mau kemana, beliau-beliau menyampaikan tahun ini kita akan sangat sulit, tahun ini kita akan sulit, terus kemudian seperti apa, tahun depan akan gelap," kata Jokowi dalam sambutan Peresmian Pembukaan Silatnas PPAD ke-19 di Bogor, Jumat 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Jokowi: Kalau Pertalite Naik Jadi Harga Rp17.100 Demonya Berapa Bulan?

Jokowi menegaskan kondisi kesulitan ekonomi ini terjadi di dunia. Menurutnya, semua negara saat ini berada di keadaan yang tidak mudah.

Bahkan menurut PBB dan bank dunia akan ada 60 negara yang ambruk ekonominya. Saat ini sudah mulai terjadi satu persatu lalu akan bertambah berlipat-lipat .

"Sekjen PBB menyampaikan, IMF bank dunia, bahwa akan ada 60 negara yang akan ambruk ekonominya dan sekarang sudah mulai satu per satu, angkanya adalah 9 terlebih dahulu, kemudian 25, lalu 42," tegasnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Jajarannya Diskusi Lebih Masif Soal 14 Pasal Kontroversial RUU KUHP dengan Masyarakat

Jokowi juga menyebutkan di dunia ini ada 320 juta orang yang menderita kelaparan akut dan sebagian mulai kelaparan. Apa yang dikhawatirkannya selama ini sekarang terjadi.

"Apa yang dikhawatirkan itu betul-betul kita lihat, dan sekarang ini 320 juta orang di dunia sudah berada pada posisi menderita kelaparan akut dan sebagian sudah mulai kelaparan, ini saya sampaikan apa adanya," ungkap Jokowi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x