Apa itu ANBK 2022, Simak Pengertian, Tujuan, Peserta, dan Jadwal Pelaksanaan untuk Jenjang SD, SMP, SMA

- 27 Juli 2022, 20:14 WIB
Ilustrasi ujian.
Ilustrasi ujian. /Freepik/jannoon028


PRFMNEWS – Pengertian, tujuan, hingga jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk siswa jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan sederajat tahun 2022 akan kami rangkum dalam artikel ini.

Apa itu ANBK? Mengutip laman resmi ANBK Kemdikbud, ANBK merupakan suatu evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan (jenjang sekolah).

Mengapa harus ada ANBK? ANBK akan menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan.

Baca Juga: ANBK SMA Masih Berlangsung, Ratusan Sekolah Batal Gelar PTM Hari Ini

Tujuan adanya ANBK untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Sehingga Dinas Pendidikan dapat memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

ANBK dilakukan dengan menilai tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.

ANBK tidak menggantikan peran ujian nasional (UN) untuk mengevaluasi prestasi siswa secara individu, tapi hanya untuk memetakan, dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan di Indonesia pada semua jenjang. Hasil ANBK diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa P2G Minta Asesmen Nasional Dibatalkan

Peserta ANBK adalah siswa di satuan pendidikan tingkat dasar hingga menengah di Indonesia. Mereka terdiri dari siswa kelas 5 SD, 8 (kelas 2 SMP), dan 11 (kelas 2 SMA) yang dipilih secara acak oleh pemerintah, guru, dan kepala sekolah di tiap satuan pendidikan.

Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar murid yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x