Waktu Terbaik Lihat Fenomena 6 Planet Sejajar Jam Berapa? Bisa Disaksikan Tanpa Teleskop Selama Juni 2022

- 22 Juni 2022, 21:10 WIB
Siap-siap nikmati fenomena langka ini! Bumi akan sejajar dengan 5 planet galaksi bima sakti
Siap-siap nikmati fenomena langka ini! Bumi akan sejajar dengan 5 planet galaksi bima sakti /Dok/gia/Pixabay.com

PRFMNEWS - Waktu atau jam terbaik melihat fenomena 6 planet sejajar atau segaris di langit Indonesia dengan mata telanjang tanpa bantuan teleskop diungkap Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

BRIN memastikan, fenomena langka 6 planet sejajar ini terjadi sepanjang Juni 2022 di langit Indonesia dan bisa disaksikan menjelang waktu subuh di masing-masing wilayah.

Waktu terbaik untuk melihat fenomena 6 planet sejajar dengan lebih jelas termasuk pada Jumat, 24 Juni 2022 di langit Indonesia ini disampaikan peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang.

Andi menjelaskan, waktu terjadinya fenomena planet sejajar ini tidak hanya pada 24 Juni 2022, melainkan terjadi tiga periode selama bulan ini. Di mana ada 6 planet di tata surya berada dalam posisi konfigurasi sejajar atau segaris.

Baca Juga: Akun Instagram Zara Putri Ridwan Kamil Akhirnya Kembali Setelah Sempat Kena Hack

Andi menyebut, fenomena astronomi 6 planet sejajar di langit Indonesia selama Juni 2022 yang disebut “parade langit” subuh ini tergolong langka karena hanya terjadi dalam rentang waktu 18 tahun sekali.

Terkait waktu parade langit ini terjadi, lanjut Andi, berlangsung tiga periode selama Juni 2022 dan sudah bisa disaksikan sejak dini hari pada 4 Juni 2022 lalu.

Periode konfigurasi pertama terdiri dari posisi sejajar planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus pada 4 – 15 Juni 2022.

Konfigurasi kedua yakni dengan susunan planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan, pada 16 – 27 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x