PKS Tolak RUU HIP Karena 3 Alasan

- 15 Juni 2020, 08:51 WIB
PKS
PKS /DOK. PR/

BANDUNG,(PRFM) - Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) kini tengah ramai diperbincangkan. Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera mengatakan jika PKS menolak RUU HIP ini atas tiga hal.

Pertama, kata Mardani, RUU HIP ini banyak secara konten tidak sesuai karena ada wacana perubahan pancasila menjadi trisila atau ekasila. Selain itu, perubahan makna ketuhanan pun patut dipersoalkan.

Baca Juga: Lawan Arah, Sekelompok Pesepeda Hampir Jadi Korban Tabrakan

Tak hanya dari konten. Waktu pembahasan yang dilakukan di tengah pandemi pun dikritik oleh PKS. Menurut Mardani, dengan dibahasanya RUU HIP di tengah pandemi membuat semua bahasan menjadi lebih terbatas.

"Yang kedua, kita menolak karena prosedurnya membahas sesuatu yang fundamental yaitu dasar negara tetapi di dalam kondisi pandemi yang tidak efektif sehingga kita tidak punya waktu untuk melakukan konsultasi publik," kata Mardani saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu (15/6/2020).

Baca Juga: Jadwal PPDB Kota Bandung untuk Jalur Afirmasi, Prestasi, Zonasi, dan Perpindahan Orang Tua

Ketiga, sambung Mardani, Pancasila sebagai ideologi tak seharusnya dibahas lagi. Dengan demikian RUU HIP sebetulnya tak perlu lagi dibahas.

"Secara ideologi, bangsa Indonesia ini sudah selesai, jangan dibawa lagi ke pertarungan ideologi," tegasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x