Pemerintah Putuskan Tak Ada Pemberangkatan Jemaah Haji Tahun ini

- 2 Juni 2020, 10:51 WIB
Ilustrasi.* PRFM

BANDUNG,(PRFM) - Pemerintah Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan keputusan terkait pelaksanaan haji tahun ini. Karena itu, akhirnya pemerintah Indonesia mengambil keputusan untuk tidak memberangkatkan jemaah ibadah haji tahun ini.

Demikian disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi dalam jumpa pers secara virtual, Selasa (2/6/2020).

Dalam pembatalan pemberangkatan jemaah haji ini, Fachrul mengaku telah berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga jajaran DPR RI dari Komisi 8.

Baca Juga: Jalan di Kota Bandung Tak Ada Lagi yang Ditutup, Damri Operasikan 11 Trayek Mulai Hari ini

Tidak memberangkatakan jemaah haji di tahun ini didasari pada aspek kesehatan.

"Hingga hari ini pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun. Akibatnya pemerintah (Indonesia) tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah. Berdasarkan kenyataan tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji di tahun 2020 atau di tahun 1441 hijriah ini," ungkap Fachrul.

Menurut Fachrul, keputusan ini merupakan putusan yang pahit dan sulit. Namun di sisi lain, perlindungan jemaah dan petugas haji menjadi hal terpenting di tengah pandemi.

Baca Juga: Sebelum Mal Dibuka, Pemerintah akan Lakukan Simulasi Terlebih Dahulu

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X