Menteri PANRB Terbitkan Surat Edaran ASN Hadapi New Normal

- 30 Mei 2020, 07:51 WIB
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.*

BANDUNG, (PRFM) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menerbitkan surat edaran tentang sistem kerja pegawai aparatur sipil negara (ASN) dalam tatanan normal baru atau new normal saat pandemi Covid-19.

Surat bernomor 58 tahun 2020 itu, meliputi penyesuaian sistem kerja, dukungan sumber daya manusia, dukungan infrastruktur yang memperhatikan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Terkait penyesuaian sistem kerja, Tjahjo menyebut ASN masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja yang berlaku. Selain itu, ASN pun dapat lebih fleksibel dalam mengatur lokasi kerja.

Baca Juga: Wakil Bupati Garut Imbau Masyarakat Tidak Keluar Rumah Malam Hari

“Penyesuaian sistem kerja dapat dilaksanakan melalui fleksibilitas dalam pengaturan lokasi bekerja, yakni pelaksanaan tugas kedinasan di kantor (work from office/WFO) dan/atau pelaksanaan tugas kedinasan di rumah (work from home/WFH),” kata Tjahjo dalam siaran pers, Jumat (29/5/2020).

Tjahjo menambahkan penilaian kinerja oleh pejabat Pembina kepegawaian (PPK), pemantauan dan pengawasan oleh pimpinan unit kerja, serta PPK harus memastikan kedispilinan pegawai masuk dalam kategori dua.

Dukungan Sumber Daya Manusia Aparatur. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen SDM aparatur antara lain penilaian kinerja oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK); pemantauan dan pengawasan oleh pimpinan unit kerja; dan PPK memastikan kediplinan pegawai,” jelasnya.

Baca Juga: Hingga Hari Terakhir, Hanya 18 Persen dari Total Penduduk Jabar Ikut Sensus Penduduk Online

Soal dukungan infrastruktur, Tjahjo meminta PPK untuk mempersiapkan dukungan saran dan prasarana yang dibutuhkan ASN dalam pelaksanaan tugas kedinasan dengan fleksibilitas lokasi bekerja. Ia menambahkan PPK pun harus memastikan penerapan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X