Sesuai Esensi, Ijab Kabul Zakat Bisa Manfaatkan Teknologi Komunikasi

- 23 Mei 2020, 16:21 WIB
Ilustrasi zakat /Dok Baznas.

BANDUNG, (PRFM) – Perkembangan teknologi komunikasi semakin memudahkan untuk membayar zakat.

Munculnya beberapa pilihan membayar zakat secara online atau melalui aplikasi digital, turut berhasil mengerek pengumpulan zakat.

Kecanggihan teknologi komunikasi masa kini bisa memudahkan masyarakat untuk membayar zakat baik itu melalui aplikasi digital khusus maupun transfer bank.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat (Baznas Jabar) Arif Ramdani menyatakan, teknologi komunikasi turut memudahkan proses ijab Kabul sebagai syarat membayar zakat.

Baca Juga: H-1 Lebaran, 14 Ribu Botol Miras Dimusnahkan

Arif menjelaskan, proses ijab kabul pada dasarnya ialah untuk mengungkapkan tujuan berzakat dan mendefinisikan pembayaran zakat yang dilakukan. 

“Esensi ijab Kabul saat bayar zakat yakni mengungkapkan tujuan kita berzakat dan mendifinisikan zakat kita sebagai zakat apa, apakah zakat fitrah atau zakat mal,” ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu (23/5/2020).

Dengan demikian, ijab kabul pembaran zakat bisa dilakukan secara lisan dan tidak dipersyaratkan harus bertemu secara fisik. Selain itu, pembayaran zakat secara digital bisa mempercepat proses pendistribusian zakat bagi masyarakat yang berhak menerima zakat (Mustahik).

“Jika warga ingin bayar zakat secara online ke Baznas, bisa akses laman www.baznasjabar.org, setelah itu pilih apakah ingin berzakat, atau berinfak. Setelah itu pilih metode pembayaran apakah secara tanser bank atau GoPay,” tutup Arif.

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X