Cegah COVID-19, Pemerintah Diminta Segera Liburkan Buruh

- 24 Maret 2020, 16:08 WIB
Ilustrasi Buruh dan Pekerja di Salah Satu Negara
Ilustrasi Buruh dan Pekerja di Salah Satu Negara /Pikiran Rakyat/.*/Pikiran Rakyat

 

BANDUNG,(PRFM) - Anggota Komisi IX DPR RI Obon Tabroni meminta pemerintah untuk meliburkan pekerja dengan tetap membayar upah penuh. Hal ini perlu dilakukan untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Menurut Obon, perusahaan yang semestinya diliburkan adalah yang bukan perusahaan strategis. Ini sejalan dengan imbauan pemerintah, agar masyarakat untuk sementara waktu ini tidak berkumpul di satu tempat.

"Imbauan untuk berkumpul tidak akan efektif kalau tidak disertai dengan kebijakan yang lebih konkret. Misalnya dengan meliburkan pekerja dengan tetap membayar upah atau melakukan lockdown," kata Obon dalam siaran pers yang diterima PRFMNEWS, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga: PDAM Tirtawening Bakal Semprotkan Disinfektan di Ruas Jalan Protokol

Ia mengatakan, sepanjang pabrik masih beroperasi, kerumunan orang akan sulit dihindari. Karena setiap hari para buruh masih harus berdesakan di angkutan umum, bus jemputan, dan bekerja di lokasi yang sama.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini, setiap hari masyarakat yang positif COVID-19 terus bertambah. Sehingga meliburkan pekerja menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

"Jangan sampai terlambat. Jangan menunggu korban lebih banyak lagi, baru kemudian memutuskan untuk meliburkan perusahaan," tegasnya.

Baca Juga: Benarkah Makanan Bisa Jadi Media Penularan Corona? Ini Penjelasannya

"Buruh juga harus disiplin. Kalau nanti diliburkan dan memang tidak bekerja, harus berdiam diri di rumah," katanya.

Hal yang tidak kalah penting, lanjut Obon Tabroni, di masa sulit akibat pandemi COVID-19 ini pemerintah harus memberikan insentif untuk masyarakat.

Terutama untuk menjamin kebutuhan pokok mereka terpenuhi. Apalagi di masa social distancing ini, banyak yang tidak bisa bekerja sehingga tidak lagi memiliki penghasilan.

Baca Juga: BBPOM di Bandung Terapkan WFH, Pelayanan Dilakukan Via Daring

Sementara itu, terkait dengan tes Corona, Obon Tabroni meminta agar rakyat miskin yang didahulukan.

Menurutnya, masyarakat kurang mampu sangat rentan terinfeksi COVID-19. Mereka tidak memiliki cukup uang untuk berobat dan membeli vitamin atau atibiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x