Kemenkes Keluarkan SE Tentang Panduan Isoman Pasien Omicron

- 24 Januari 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi Omicron.
Ilustrasi Omicron. /prfmnews/

PRFMNEWS - Kasus omicron di Indonesia terus mengalami penambahan. Bahkan dua kasus omicron di Indonesia meninggal dunia.

Seiring dengan adanya peningkatan kasus omicron yang bahkan bersumber dari transmisi lokal. Kementerian Kesehatan mengeluarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022.

Pasien konfirmasi Omicron saat ini bisa melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah. Namun tidak semua pasien konfirmasi Omicron bisa melakukan Isoman karena ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan sesuai dengan isi SE tersebut.

Baca Juga: Kantin Sekolah Belum Boleh Buka, Seorang Guru Berinisiatif Buatkan Kantin Kecil di Kelas

Dalam surat edaran baru ditetapkan bahwa pasien konfirmasi COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri jika memenuhi syarat klinis dan syarat rumah.

Dalam syarat klinis pasien harus berusia 45 tahun ke bawah, tidak memiliki komorbid, dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya, dan berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar.

Sedangkan dalam syarat rumah dan peralatan pendukung lainnya, pasien harus dapat tinggal di kamar terpisah, lebih baik lagi jika lantai terpisah, ada kamar mandi di dalam rumah terpisah dengan penghuni rumah lainnya; dan dapat mengakses pulse oksimeter.

Baca Juga: Sule Mengaku Akan Beli Klub Sepak Bola dan Ajak Atep Sebagai Penasehatnya

Jika pasien tidak memenuhi syarat klinis dan syarat rumah, maka pasien harus melakukan isolasi di fasilitas isolasi terpusat. Selama isolasi, pasien harus dalam pengawasan Puskesmas atau Satgas setempat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x