Ketua DPR Imbau Masyarakat Lakukan Pencegahan Mandiri Covid-19

- 20 Maret 2020, 08:39 WIB
PUAN Maharani saat diwawancarai mengenai wabah virus corona.*
PUAN Maharani saat diwawancarai mengenai wabah virus corona.* /DPR

BANDUNG, (PRFM) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau masyarakat agar melakukan penanganan secara mandiri terkait pencegahan virus Covid-19. Tak hanya itu, Puan juga terus mendukung upaya para dokter dan tenaga medis yang bekerja di garis depan penanggulangan wabah Covid-19.

“Saya meminta masyarakat ikut meringankan beban mereka (dokter dan tenaga medis) dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan secara mandiri, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan,” pesan Puan dilansir laman resmi DPR RI, Jumat (20/3/2020).

Baca Juga: Breaking News! Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona

Lebih lanjut, politisi PDI-P Perjuangan itu juga mengimbau agar masyarakat bersikap positif dan saling bahu membahu serta bergotong royong mengatasi pandemi Covid-19.

Mengingat, ungkap Puan, penanggulangan wabah Corona tersebut membutuhkan kerja sama dan gotong royong dari seluruh pihak baik Pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, dan swasta.

“Pemerintah bersama TNI dan Polri bersinergi melalui upaya- upaya penanganan yang terintegrasi, dan terpadu dalam memberikan edukasi, sosialisasi, mitigasi, serta penanganan pasien. Masyarakat juga mengambil peran seperti ikut menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan, dan mendukung praktek sosial distance dan mematuhi protokol penanganan wabah,” tutur Puan.

Baca Juga: Corona, Masjid Agung Al-Ukhuwwah Batal Gelar Salat Jumat

Di sisi lain, Puan mendorong pihak swasta agar juga turut mengambil peran dengan langkah mendukung praktik bekerja dari rumah bagi para karyawannya. Serta, membantu penyediaan fasilitas kesehatan bagi penanggulangan seperti gedung-gedung milik swasta yang tak terpakai bisa difungsikan rumah sakit sementara.

Legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V itu juga mendorong Pemerintah agar fokus menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat.

Karena, menjaga dan menyelamatkan kesehatan masyarakat sama artinya menyelamatkan ekonomi nasional. Selain itu, bangsa Indonesia adalah bangsa yang lahir dan besar, karena selalu mengatasi tantangan dengan semangat gotong royong sebagai semangat asli Indonesia.

Baca Juga: Update Informasi Penanganan Virus Corona di RSHS: Satu Pasien Positif COVID-19 Meninggal Dunia

“Mari kita selalu waspada, tidak panik, dan optimis. Tidak lupa, saya selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Saya yakin, pada akhirnya bangsa ini akan melewati tantangan wabah virus corona. Selanjutnya, kita akan menjadi bangsa yang lebih tangguh dan maju. Untuk itu, kita harus menjauhkan sikap egois dan sikap mau selamat sendiri karena virus Corona hanya bisa dilawan kalau kita bersatu menghadapinya,” pungkas Puan.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: DPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x