Informasi Terkini Gempa Banten yang Dilaporkan Warga Terasa hingga Bandung, BMKG: Magnitudo 6,7

- 14 Januari 2022, 17:21 WIB
Lokasi gempa bumi di Banten, Jumat 14 Januari 2022.
Lokasi gempa bumi di Banten, Jumat 14 Januari 2022. /Tangkapan layar twitter @infoBMKG

PRFMNEWS - Informasi terkini gempa bumi yang mengguncang wilayah Banten pada hari ini, Jumat 14 Januari 2022 sore, diumumkan lagi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Laporan yang diterima Redaksi Radio PRFM, getaran gempa bumi tersebut terasa hingga wilayah Bandung.

BMKG mencatat titik gempa bumi terjadi pada 7,21 derajat Lintang Selatan, 105,05 derajat Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km. Meski titik gempa bumi berada di Banten, warga melaporkan gempat bumi ini terasa hingga Bandung.

Menurut data BMKG, gempa bumi yang mengguncang wilayah Selatan Banten itu terjadi pada pukul 16.05 WIB. Gempa bumi yang mengguncang Banten pada sore hari ini merupakan gempa bumi tektonik.

Baca Juga: Soal Kasus Perpeloncoan ‘Lingkaran Setan’ Pramuka di Ciamis, Disdik Jabar: Kebiasaan Lama Turun-temurun

 

BMKG juga melakukan update parameter magnitudo gempa bumi Banten yang dilaporkan terasa hingga wilayah Bandung.

BMKG mengumumkan gempa bumi yang terjadi di Banten bermagnitudo 6,7.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," papar papar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan resminya yang diterima Redaksi Radio PRFM Jumat sore.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di beberapa titik daerah, yakni:

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X