Antisipasi Lonjakan Kasus Omicron di Indonesia, Pemerintah Lakukan 3 Hal ini

- 12 Januari 2022, 17:25 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin /Setkab


PRFMNEWS – Sebagai upaya antisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 khususnya varian Omicron di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan tiga persiapan utama.

Upaya antisipasi pertama yang disiapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, yakni penyediaan 80 ribu tempat tidur di rumah sakit khusus yang juga dipersiapkan pihaknya.

Menurut Budi, jumlah tersebut diperkirakan bisa terus meningkat hingga 150 ribu tempat tidur menyesuaikan kemungkinan lonjakan kasus Omicron yang terjadi.

Baca Juga: Kabarkan Temuan Pasien Positif Covid-19 Varian Omicron Pertama di Indonesia, Budi Gunadi: Pasien Tanpa Gejala

"Pemerintah sudah menyiapkan rumah sakit, ada sekitar 80 ribu tempat tidur yang siap ditempati dan saat ini sudah terisi tiga ribu. Jadi kita masih punya ketersediaan banyak," katanya, dikutip prfmnews.id dari PMJ News pada Rabu 12 Januari 2022.

Lalu, upaya antisipasi kedua yang dilakukan Budi adalah menyiapkan beberapa obat-obatan untuk perawatan Covid-19 dan memastikan protokol kesehatan dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Omicron Merajalela di Luar Negeri, Ridwan Kamil: Jangan ke Cappadocia, ke Situ Bagendit Aja

"Kita juga menyiapkan obat-obatannya, ada 400 ribu Molnuvirapir. Dalam hal ini kita juga memastikan protokol kesehatan yang baru untuk perawatan di rumah sakit," ujarnya.

Sebagai upaya ketiga, Menkes telah mendistribusikan sekira 16 ribu lebih oksigen generator ke seluruh rumah sakit di Indonesia. Bahkan, 36 oksigen generator tersebar di sejumlah rumah sakit yang ada di luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Bekasi, 2 Pemotor Tewas Usai Tabrak Tiang Reklame

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x