Pakar Keamanan Siber Beri Tips Soal Bahaya Fitur Add Yours Instagram

- 23 November 2021, 19:31 WIB
Hati-hati Challenge Variasi Nama Panggilan Add Yours Instagram, Rekayasa Sosial Berujung Penipuan
Hati-hati Challenge Variasi Nama Panggilan Add Yours Instagram, Rekayasa Sosial Berujung Penipuan /Twitter

PRFMNEWS - Baru-baru ini Instagram ramai dengan tren fitur 'Add Yours'. Namun ternyata tren ini malah mengintai bahaya dari penggunanya.

Fitur Add Yours diungkap salah seorang netizen dengan akun twitter @ditamoechtar yang menjadi celah modus penipuan baru. Temannya menjadi korban dari tren Add Yours ini.

Menanggapinya, Pakar Keamanan Siber Vaksincom, Alfons Tanujaya meminta masyarakat lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: Hati-hati Ikut Tren Add Yours Instagram, Netizen Ini Ceritakan Pengalaman jadi Korban Penipuan

Meski informasi yang dibagikan lewat fitur Add Yours mungkin hanya info sepele, tapi ternyata jika info seperti itu terus dibagikan secara konsisten dalam jangka waktu lama maka bisa membocorkan rahasia yang dimiliki pemilik akun tanpa disadari.

"Misalnya saya senang jalan-jalan dan kemana-mana saya akan sharing, dan orang yang lihat saya tau saya kalau jalan-jalan kemana aja, misal sering ke Bandung, lalu nginepnya di hotel favorit mana," ujar Alfons saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 23 November 2021.

Alfons tidak menampik, dengan kecanggihan teknologi maka masyarakat banyak yang menggunakan media sosial, tujuannya tak lain untuk kebutuhan eksis atau dikenal banyak orang. Sayangnya terkadang masyarakat over shared alias membagikan info yang berlebihan.

Baca Juga: Tak Perlu Tunggu Miliki 10 Ribu Followers, Semua Pengguna Instagram Sudah Bisa Sematkan Link di Instastory

Data diri kita sendiri saat ini sangat berharga dan diincar banyak pihak. Jika di tangan orang yang benar maka bisa memberi manfaat besar, tapi di tangan orang jahat akan menajdi kerugian besar.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x