Indonesia Segera Punya Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama, Lokasi Pabrik di Jawa Barat

- 15 September 2021, 21:42 WIB
Peletakan batu pertama pabrik baterai mobil listrik pertama di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu 15 September 2021
Peletakan batu pertama pabrik baterai mobil listrik pertama di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu 15 September 2021 /Setkab.

PRFMNEWS - Indonesia tak lama lagi memiliki pabrik baterai mobil listrik pertama. Lokasi pabrik tersebut nantinya ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Preside Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan peletakan batu pertama atau (groundbreaking) di lokasi calon pabrik baterai mobil listrik pertama milik Indonesia itu.

Pelatakan batu pertama pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia itu dilakukan Presiden Jokowi pada Rabu 15 September 2021 pagi.

Baca Juga: Respons Kabar Pasien Positif Covid-19 Dibiarkan Masuk Mall, Sekda Bakal Kumpulkan Para Kepala Dinas Terkait

“Kita patut bersyukur pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar USD 1,1 miliar,” ujarnya usai melakukan peletakan batu pertama.

Presiden Jokowi menegaskan, pembangunan pabrik baterai mobil listrik ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri serta mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas menjadi berbasis industrialisas.

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik ini merupakan kolaborasi antara perusahaan Indonesia dengan perusahaan Korea Selatan.

Kerja sama tersebut diharapkan Presiden Jokowi bisa semakin diperkuat, termasuk realisasi kerja sama investasi dalam industri baterai dan kendaraan listrik.

Baca Juga: Sebelum Chandra Liow Kena Badai Sitokin, Sang Ayah Sempat Mimpi Aneh: Banyak Ular di Lautan Berwarna Hitam

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x