Soal Anak 12 Tahun Dilarang Masuk Tempat Wisata, Sandi: Kami Bebaskan ke Keluarga

- 15 September 2021, 12:26 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno /budi satria/PRFM


PRFMNEWS - Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut akan memberi diskresi atau kebebasan terhadap masing-masing keluarga berkenaan membawa anak di bawah usia 12 tahun ke tempat wisata.

Seperti diketahui, sejumlah tempat wisata diizinkan kembali beroperasi tapi dengan syarat pengunjung wajib sudah divaksin, menggunakan aplikasi PeduliLindungi, dan berusia di atas 12 tahun.

Aturan batas minimal usia 12 tahun itu membuat publik bertanya-tanya, karena terkadang orang tua berwisata dengan anak-anaknya yang mungkin masih di bawah 12 tahun.

Baca Juga: Mulai Besok, Wisata Dufan Buka Lagi dengan Sejumlah Syarat

Oleh karenanya, Sandi mengungkapkan, pihaknya akan membebaskan aturan ini kepada keputusan masing-masing keluarga dan atas persetujuan Satgas Covid-19 setempat.

"Apakah anak-anak tersebut sudah bisa ikuti kegiatan karena masuk ke tempat publik tempat wisata, mal juga, anak-anak di bawah 12 tahun dibawa ikut oleh orangtuanya, maka didiskusikan pada rapat koordinasi adalah pemberian diskresi masing-masing kepada keluarga tersebut," kata Sandi dalam dalam Weekly Press Briefing di kanal Youtube Kemenparekraf, Selasa 14 September 2021.

Sandi menuturkan, pemerintah tidak kaku dalam membuat kebijakan sehingga dengan memberikan satu atau dua diskresi tersebut maka tidak menjadi masalah.

Baca Juga: Perwal Terbaru Kota Bandung, Karang Setra dan Kebun Binatang Sudah Boleh Buka

Tak hanya itu, berdasarkan data yang ia dapat, kategori pengunjung di bawah 12 tahun bukan menjadi mayoritas wisatawan, artinya hanya segelintir saja.

"Karena mayoritas itu bukan yang membawa anak, justru adalah pengunjung yang usianya di atas 12 tahun. Oleh karena itu, saya mengimbau dan ini mengutip Pak Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatakan bahwa kita enggak sangat rigid (kaku), tapi kita lentur mengikuti protokol kesehatan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X