Masuk Musim Hujan, BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat 10 Hari ke Depan

- 14 September 2021, 20:32 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /PRFM


PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat selama 10 hari ke depan.

Pasalnya Indonesia saat ini sudah mulai memasuki musim hujan. Pada September ini, wilayah yang sudah mengalami musim hujan adalah sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian besar Sumatera Barat, Kalimantan Selatan bagian selatan, dan Kalimantan Timur bagian selatan.

Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Urip Haryoko mengatakan, sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan mengalami awal musim hujan 2021/2022 pada kisaran bulan Oktober dan November 2021.

Baca Juga: BMKG Prediksi Awal Musim Hujan di Jabar Diprediksi Terjadi Pada September Hingga Oktober ini

"Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi meliputi Bengkulu bagian utara, Jambi bagian barat, Kalimantan Barat bagian timur, Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Utara bagian barat, sebagian Sulawesi Barat, Sulawesi tengah bagian timur, P. Seram bagian tengah, Papua Barat bagian utara dan Papua bagian tengah," ujar Urip dalam keterangan resminya, Selasa 14 September 2021.

Berdasarkan prakiraan peluang curah hujan dasarian (10 harian), terdapat indikasi potensi curah hujan tinggi hingga satu dasarian ke depan dengan status Waspada, Siaga hingga Awas, sebagai berikut :

Baca Juga: Penjelasan BMKG Soal 2 Gempa yang Guncang Kabupaten Bandung Semalam

1. Kategori AWAS: Papua Barat (Kaimana), Papua (Asmat, Boven Digoel, Mimika, Nduga, Pegunungan Bintang, Yahukimo)

2. Kategori SIAGA: Papua Barat (Kaimana), Papua (Dogiyai, Nabire, Paniai, Puncak)

Baca Juga: Sandiaga Uno akan Bebaskan Aturan Anak di Bawah 12 Tahun Dilarang Masuk Tempat Wisata

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X