500 Ribu Vaksin Johnson and Johnson Tiba, Digunakan Khusus Pulau Jawa

- 12 September 2021, 07:59 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. /Kfuhlert/Pixabay/


PRFMNEWS - Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson tiba di Indonesia sebanyak 500 ribu dosis pada Sabtu 11 September 2021 kemarin.

Ini adalah pertama kalinya Indonesia menerima vaksin Johnson & Johnson. Vaksin tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Pemerintah Belanda melalui skema bilateral.

"Indonesia untuk pertama kalinya menerima vaksin Johnson & Johnson berjumlah 500 ribu dosis,'' kata Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono pada konferensi pers secara virtual, Sabtu 11 September 2021.

Baca Juga: Indonesia Sudah Terima 229 Juta Dosis Vaksin Covid-19, dari Coronavac hingga AstraZeneca

Dante mengatakan, sebanyak 500 ribu dosis vaksin tersebut akan didistribusikan ke daerah aglomerasi di pulau Jawa yang masih rendah cakupan vaksinasinya.

Vaksin Johnson & Johnson telah memperoleh izin penggunaan darurat atau EUA (Emergency Use Authorization) dari Badan POM pada tanggal 7 September 2021 dan akan dipakai untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas dengan dosis tunggal sebanyak 0,5 ml.

Jika dihitung dari kedatangan vaksin pertama pada Desember 2020 hingga tahap ke 56 dan 57, maka Indonesia sudah memiliki total lebih dari 232 juta dosis vaksin baik dalam bentuk bahan baku maupun vaksin dosis jadi.

Baca Juga: Lagi, Satpol PP Tutup Bar karena Langgar Aturan Jam Operasional

Selain vaksin Johnson & Johnson, Pemerintah Indonesia juga menerima vaksin Sinovac dalam bentuk jadi dengan jumlah 2.075.000 dosis melalui skema bilateral yakni kerjasama dengan COVAX Facility.

Dante menambahkan dengan kedatangan dua jenis vaksin tersebut Pemerintah Indonesia optimis dapat mempercepat laju vaksinasi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x