Epidemiolog Sebut Penularan Covid-19 Indonesia Masih Tinggi, Bagaimana Nasib PPKM Level 4 yang Berakhir Besok?

- 24 Juli 2021, 11:20 WIB
Ilustrasi corona.
Ilustrasi corona. /Pixabay


PRFMNEWS - Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 4 akan berakhir pada 25 Juli 2021 besok. Sesuai dengan pernyataan Presiden Jokowi pada 20 Juli 2021 lalu, jika tren kasus penularan Covid-19 menurun, maka pemerintah akan membuka kegiatan masyarakat secara bertahap.

Namun demikian menurut Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair), Windhu Purnomo hingga saat ini tingkat penularan Covid-19 di Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Saat ini tingkat penularan Covid-19 masih di atas 30 persen, jauh dari target pemerintah yakni kurang dari 5 persen.

"Positivity rate kasus Covid-19, masih di atas 30 persen target dari pemerintah mulai tanggal 20 Juli 2021 itu kurang dari 5 persen," katanya saat on air di Radio PRFM, Sabtu 24 Juli 2021.

Baca Juga: Gonta-Ganti Istilah Penanganan Covid-19 Indonesia, Pengamat : Pemerintah Jangan Plin Plan !

Windhu menambahkan mobilitas masyarakat selama pemberlakuan PPKM Darurat dan PPKM level 4 sudah cukup baik. Hanya saja ia masih menyayangkan ada sebagian masyarakat yang berkegiatan selain bekerja di luar rumah.

Baca Juga: Stok Obat Oseltamivir dan Favipiravir Kosong, Jokowi Telpon Menkes Budi: Sudah Gak Ada Seminggu Lebih

"Kalau kita evaluasi sebuah kebijakan PPKM atau apapun namanya yang kita lihat seharusnya diikuti penurunan mobilitas di masyarakat. Baru nanti efek akhirnya penurunan penularan. Penurunan mobilitas sudah bagus hingga 20 Juli kemarin di semua provinsi di bawah 50 persen. Yang belum bagus itu masih ada masyarakat yang rekreasi," paparnya.

Baca Juga: Hasil Badminton Indonesia Olimpiade Tokyo 2020 : Jonatan Christie Menang Atas Aram Mahmoud

Lebih lanjut ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah, agar pandemi bisa segera berakhir.

Baca Juga: Kemendagri Ungkap Alasan Polisi Pamong Praja Bisa Diangkat Jadi Penyidik PNS

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x