Jokowi: Kita Butuh Kepemimpinan Lapangan yang Cepat dan Responsif

- 20 Juli 2021, 11:23 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) /Setkab


PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo menilai perlunya kepemimpinan lapangan yang kuat untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Selain itu, dibutuhkan juga pemimpin yang bisa bergerak cepat dan responsif dalam menangani kondisi akibat pandemi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi kepada seluruh gubernur, bupati, dan wali kota dalam 'Pengarahan Presiden RI kepada Kepala Daerah se-Indonesia' yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Kabinet, pada Senin 19 Juli 2021.

Baca Juga: Arahan Presiden, Oded: PPKM Darurat Dilanjut, tapi Ada Pelonggaran

"Kita butuh kepemimpinan lapangan yang kuat untuk menghadapi pandemi sekarang ini, kepemimpinan yang paham lapangan, yang bisa bergerak cepat dan responsif," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut kepemimpinan itu harus kuat di semua level pemerintahan, mulai dari level atas atau pusat hingga ke level bawah yakni kecamatan hingga desa.

Pasalnya akhir dari pandemi ini belum bisa diprediksi. Bahkan prediksi WHO akan muncul lagi varian baru lainnya, hal ini akan menyebabkan pandemi bisa lebih panjang dari yang diperkirakan.

Baca Juga: Jokowi Ungkap 2 Kunci Utama dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia

"Tiga hari lalu WHO menyampaikan akan muncul lagi varian baru, dan ini akan sebabkan pandemi bisa lebih panjang dari yang kita perkirakan. Kita butuh ketahanan nafas yang panjang," tuturnya.

Maka dari itu, Jokowi menginstruksikan semua kepala daerah agar fokus kepada penanganan pandemi baik dari sisi Covid-19 dan sektor ekonominya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x