Ternyata Ini Penyebab Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Meningkat Setiap Harinya

- 19 Juni 2021, 12:53 WIB
 Ilustrasi Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti lakukan langkah strategis Covid-19 salah satunya tambah ruang isolasi dan ICU.
Ilustrasi Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti lakukan langkah strategis Covid-19 salah satunya tambah ruang isolasi dan ICU. /Pexels.com/ Edward Jenner

PRFMNEWS - Kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap harinya. Bahkan tingkat keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) hampir 100 persen.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, penyebab melonjaknya kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir ini.

Wiku menyebut tingginya kasus Covid-19 di Indonesia, disebabkan mobilitas warga saat libur panjang Idulfitri kemarin.

Baca Juga: Jelang Iduladha, DKPP Kota Bandung Mulai Petakan Lokasi Penjualan Hewan Kurban

"Peningkatan penularan pada saat ini menurut kami sudah jelas kaitannya dengan mobilitas penduduk dan kerumunan dari liburan panjang Idulfitri," katanya dalam siaran pers virtual, Kamis 17 Juni 2021.

Baca Juga: Objek Wisata di Kabupaten Garut Tetap Dibuka Meski Kasus Covid-19 Terus Melonjak

Lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Idulfitri, lanjut Wiku sudah dapat diprediksi sebelumnya. Hal itu terlihat dari kejadian yang sama seperti tahun lalu.

Baca Juga: Yuk Disimak ! Begini Cara Dapat Vaksin Covid-19 di Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat

"Polanya sama dengan tahun lalu. Saat pertengahan Mei dan mulai awal Februari kasus Covid-19 sudah menurun dan BOR rumah sakit hanya 30 opersen. Kemudian setelah adanya libur panjang Idulfitri naik sesusai kalkulasi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X