Punya Potensi, Ma’ruf Amin: Indonesia Harus Gigih Kuasai Pasar Halal Dunia

- 4 Juni 2021, 16:36 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan duka cita terhadap 53 awak KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan gugur.
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan duka cita terhadap 53 awak KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan gugur. /BPMI Setwapres

PRFMNEWS - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendorong agar produk-produk Indonesia menguasai pasar halal dunia.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk melakukan hal tersebut.

Demikian disampaikan Ma'ruf saat membuka acara Indonesia Industrial Moslem Exhibition (II-Motion) 2021, secara virtual, Kamis 3 Juni 2021.

“Indonesia memiliki potensi pasar besar bagi produk muslim. Kita tentu sangat ingin Indonesia juga menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia,” katanya. 

Baca Juga: Rencana Menggelar PTM di Tengah Lonjakan Covid-19, DPRD Jabar: Dilematis

Wapres mengungkapkan, berdasarkan data OIC Economic Outlook 2020, di antara negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI, Indonesia masih menjadi eksportir terbesar kelima dengan proporsi 9,3 persen, di bawah Arab Saudi (14,5 persen), Malaysia (13,3 persen), Uni Emirat Arab (12,3 persen), dan Turki (10,1 persen).

Indonesia juga merupakan importir terbesar keempat dengan proporsi 8,4 persen di bawah Uni Emirat Arab (12,2 persen), Turki (12,1 persen), dan Malaysia (11,8 persen).

Untuk itu, ia berharap agar potensi Indonesia sebagai pasar produk muslim harus dibarengi dengan peningkatan kinerja ekspor Indonesia ke luar negeri khususnya ke negara-negara OKI.

“Indonesia harus lebih gigih berusaha menguasai pasar halal dunia khususnya negara-negara OKI,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x