1,5 Juta Orang Tetap Mudik, Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Waspada

- 18 Mei 2021, 18:30 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden


PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah se-Indonesia mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran 2021.

Sebab, dari data yang ia terima sebanyak 1,5 juta orang tetap mudik ke kampung halaman pada periode 6-17 Mei 2021 atau masa larangan mudik 2021.

Berdasarkan pengalamannya, kasus penularan Covid-19 selalu meningkat selepas masa libur panjang. Untuk itu, ia mengingatkan para kepala daerah agar waspada dan memantau sejumlah parameter penanganan pandemi secara berkala.

Baca Juga: Kemarin Jabar Tertinggi Kasus Baru Corona se-Indonesia, IDI: Tingkatkan 3T

"Memang 1,1 persen kelihatannya kecil sekali, tetapi kalau dijumlah ternyata masih besar, 1,5 juta orang yang masih mudik. Kita harus upayakan agar potensi peningkatan kasus aktif tidak terjadi sebesar tahun-tahun sebelumnya,” kata Jokowi dalam keterangannya, Selasa 18 Mei 2021.

Ia menilai penting bagi kepala daerah mengetahui parameter-parameter penanganan pandemi Covid-19 agar mereka tahu apa yang harus dilakukan sebagai antisipasi lonjakan kasus.

Parameter pandemi juga dapat dilihat dari rasio keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR). Presiden Jokowi menargetkan penanganan pandemi dilakukan dengan baik sehingga BOR di rumah-rumah sakit masing-masing daerah berada di bawah 50 persen.

Baca Juga: Benarkah Mandi Air Panas Belerang Membunuh Virus Covid-19? Epidemiolog Sebut Itu Keliru

Baca Juga: Objek Wisata di Pangandaran Sudah Dibuka Kembali, Semua Pihak Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Saat ini, BOR secara nasional telah berada di angka 29 persen yang menggambarkan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan di rumah sakit kian menurun. Meski demikian, perlu diakui bahwa masih terdapat BOR yang cukup tinggi di beberapa daerah yang tentunya perlu diwaspadai oleh masing-masing kepala daerah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x